Dalam menjalankan bisnis usahanya, Hypermart bersandar pada pilar-pilar pendukung yang mengantarkan Hypermart menuju masa gemilang. Di antaranya adalah, sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, kelengkapan jenis barang yang mencapai lebih dari 30.000 item dengan harga lebih terjangkau di kelasnya, hingga bentuk promosi yang dikemas secara kreatif plus dukungan lokasi yang strategis. Visi menjadi market leader di pasar hypermarket sudah di depan mata. Namun jika tidak dipersenjatai dengan lengkap, visi itu mungkin hanya sebatas impian. Oleh karena itu dilakukan strategi untuk memenangkan persaingan.Hypermart memang pintar mengambil hati konsumennya. Hal ini tercermin dari berbagai langkahnya dalam memanjakan konsumen. Ada satu yang menjadi trademark Hypermart dibanding para kompetitor di kelasnya. Untuk beberapa item barang, Hypermart memberikan ikon cek harga dengan ilustrasi kaca pembesar. Ini artinya Hypermart memberikan jaminan harga termurah dibanding barang yang dijual di tempat sejenis lainnya. Jika ada yang lebih murah, Hypermart akan mengganti selisihnya 2x lipat. Kenyamanan berbelanja di Hypermart juga ditambah dengan adanya layanan jasa antar untuk produk-produk elektronik (radius tertentu) untuk para konsumennya. Langkah ini akan terus dibarengi dengan memperkuat logistik, menyelenggarakan pelatihan rutin bagi SDM serta peningkatan sistem IT ter-up date yang mengikuti perkembangan jaman. Jaringan outlet di seluruh Indonesia juga akan terus dibuka.
Pembukaan gerai Hypermart yang ke-81, menandai kesungguhannya untuk mengukuhkan posisinya di pasar hypermarket Indonesia. Dukungan lain yang juga berperan penting dalam menopang keberhasilan Hypermart adalah kegiatan promosinya yang kreatif dan bermanfaat bagi konsumen. Seperti iklan di media cetak yang informatif hingga promosi diskon bagi member Hicard untuk all product, diskon all product bagi pemegang kartu kredit Hypermarket serta Loyalty Program Azrberg dan lain sebagainya. Kesuksesan Hypermart tentu tak lepas dari dukungan distribusinya yang berperan penting dalam penyaluran barang-barang ke Hypermart dan Foodmart, ditambah jaringan penjualan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, keberhasilan Hypermart sebagai salah satu hypermarket di Indonesia kian tak terbendung. Jika melihat dari hal tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwasanya Hypermart menerapkan dua diantara tiga teori generic strategi, antara lain Cost Leadership, yaitu menciptakan harga murah agar dapat menggapai semua kalangan, lalu Differentiation dengan menciptakan tempat belanja yang luas dan nyaman, banyak ragam pilihan sehingga mampu memenuhi semua kebutuhan konsumen. dengan strategi bisnis tersebut sampai saat ini Hypermart tetap menjadi tempat tujuan utama seluruh keluarga Indonesia untuk berbelanja keperluan sehari-hari.
Sumber : Hypermart
Tugas Web Hypermart
Siti Robiatul Adawiyah Khoirunnisa
1401082485 / SI-MN 06 PAY
&
Denny Gunawan
1401094094 / SI-MN 06 PAY
&
Denny Gunawan
1401094094 / SI-MN 06 PAY
No comments:
Post a Comment